My Cozy Place; PLURK

Minggu, 27 November 2011

Aneh, asing, tidak biasa, itu yang ada dalam pikiranku ketika pertama kali tau ternyata ada sebuah situs jejaring sosial bernama PLURK. Jika diperhatikan dari konfigurasi susunan hurufnya juga agak janggal; Terdiri dari 4 huruf konsonan yang mengapit 1 huruf vocal. Konfigurasi ini juga sedikit menyulitkan lidah kita ketika melafalkannya apalagi jika ingin dieja layaknya sedang belajar membaca (Kalau mengeja BUDI, Be ubu De Idi bacanya Bu-DI lantas bagaimana gampangnya mengeja kata PLURK??? Hahahahaha ujung-ujungnya tetep bawa2 namanya Budi). Belum berhenti disitu rasa ‘’Lain-lainku’’ ketika baru berkenalan dengan PLURK. Setelah iseng-iseng saya buat akun dengan nick AzRa, Eh...ternyata ada juga yang namanya KARMA. Awalnya saya pikir KARMA itu sejenis aplikasi game online yang memang disediakan PLURK untuk mereka pecinta game dan saya memilih untuk mengacuhkannya karena saya kurang tertarik dengan game tapi ternyata KARMA itu membantu kita mendapatkan emoticons lucu yang bisa dipakai sebagai simbol yang kekuatannya lebih besar dalam penyampaian pesan (Plurk tanpa emoticons = Hambar). Ada estimasi-estimasi tertentu yang harus dicapai untuk mendapatkan emoticons tersebut (Mulai dari 10 sampai Tak terhingga) Dan peraturannya adalah Statistik karmamu akan meningkat jika kamu melakukan banyak aktivitas Plurking (Misalnya: menambah teman,membuat tread, merespon ataupun direspon dll) dan akan berkurang drastis jika kamu tidak melakukan apa-apa.

Setelah membuka akun di halaman ini, yang saya lakukan adalah menambah teman dan hanya membuat tread-tread seperti *assalamualaikum!! Selamat pagi* untuk sekedar menyapa saja para penghuni plurk yang notabene memang tidak saya kenal. Sesekali membalas respon dan juga merespon tread-tread lain. Saya juga tak peduli dengan masalah Karma yang naik atau turun. Cuman sebatas itu saja. Bahkan saya sempat benar-benar meninggalkan dunia PLURK beberapa bulan dan akhirnya kembali lagi.





Ya,,awalnya semua terasa asing namun entah bagaimana sepertinya hukum newton 3 telah berlaku sebagai hasil dari intensitas kegiatan Nge-plurk (Membuat tread dan saling merepon). Tiba-tiba saja nama-nama asing yang selalu kuliat ditimeline menjadi begitu akrab. Aksi dan reaksi ditimelinepun akhirnya berlanjut ke dunia nyata setelah diadakannya beberapa kopdar dalam rangka kegiatan sosial bersama dan setelah itu silaturahim ini tetap berjalan baik didunia maya maupun didunia nyata. (cozy)

Lama kelamaan bahkan saya pun baru menyadari telah terjangkit Plurk Addicted. Setiap membuka mata spontan langsung ngecek timeline di plurk. Di Angkutan umum, Ngeplurk. Sambil jalan-jalan, Ngeplurk. Lagi menunggu/antrian, Ngeplurk. Lagi nonton dirumah juga Nge-plurk. Kadang lagi makan juga Ngeplurk, sampe mau tidur juga Ngeplurk. PARAHHHHHH!!! Hahaha (setelah lama saya rasa ini berlebihan, jadi perlu adanya pengendalian diri).

PLURKpun akhirnya menjadi bagian yang sulit untuk dipisahkan dari dalam hidupku. Many things happen here with meaning to.  


PLURK untukku seperti...................................................

Tempat silaturahmi: Kegiatan plurk seperti merespon, membuat tread membuatku serasa berada dalam dunia nyata. Seolah seperti sedang berada di sebuah warkop dan ngobrol banyak hal sambil diketawai padahal kita semua berada pada lokasi yg berbeda. Yah, meski terkadang ada sedikit timbul hal-hal yang tak diinginkan sampai harus berdebat hebat tapi semuanya saya bawa santai saja. Hidup kita sudah cukup serius jadi kalau di dunia maya tak perlu terlalu serius manyikapi semua hal. Yah, Plurk is for Fun.


Tempat ‘’Ini-Itu’’: Mau nanya alamat, nanya tempat makan paling enak, nanya dimana download ini itu, nanya situasi arus jalan mana yang macet, nanya tugas2 kampus, nanya tempat perbaiki ini itu, membahas topik-topik pembicaraan yang ringan sampai yang berat juga boleh, mau pasang pengumuman juga bisa, minta saran atau opini, promosi ini itu juga bisa asal jangan nyari HP yang hilang aja haahahhaha....


Tempat katarsis paling nyaman: Rasa marah, sedih, senang, bete, susah, semuanya secara spontan langsung dapat dituangkan tanpa sungkan. Tread yang tadinya sedih, bete’ atau lagi marah-marah sekalipun justru bisa diketawai saja seenak hati karena respon-respon plurker yang menghibur bisa bikin lupa kalau hariku sedang suram. 


Dan yang paling membuatku betah disini karena saya merasa telah memiliki keluarga kecil disini. Disini saya punya kakak, saya bahkan punya adik yang sudah saya anggap sebagai keluargaku sendiri, juga mendapat teman terbaik yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Mereka yang dulunya orang asing, berubah menjadi orang yang paling dekat dihati tanpa harus selalu saya temui dalam wujud nyata. Terimakasih untuk kalian yang selalu membuatku betah disini, yang membuatku merasa ada dan menjadikanku bagian dalam hidup kalian. (cozy)

0 komentar:

Posting Komentar